-->

Posting blog otomatis ke twitter dan facebook

Meski hanya berujud judul ataupun deskripsinya, crossposting blog otomatis ke twitter dan facebookadalah salah satu cara yang tak bisa disepelekan dalam mengelola satu situs untuk support SEO di dunia maya ini.
Pada dasarnya membuat “crossposting blog otomatis ke twitter dan facebook” bisa kita lakukan dengan memanfaatkan RSS Feed yang disediakan pada situs weblog ataupun website yang kita miliki.
Dengan memberdayakan RSS Feed, maka secara langsung ada pihak lain yang bisa mengetahui setiap artikel yang telah di publish. Nah secara tehnis akhirnya RSS Feed tersebut bisa difungsikan juga untuk ditautkan pada pihak lain, sosial media misalnya.
Ketika mengetahui cara kerja RSS Feed, akan bisa dinalar ketika kita juga bisa menautkan RSS Feed menuju twitter dan facebook. Tentu hal itu membutuhkan pihak ketiga. Nah berikut ini ada dua fasilitas -pihak ketiga- yang bisa menjadi jembatan crossposting blog otomatis menuju twitter dan juga facebookDua fasilitas itu adalah twitterfeed[.]com dan networkedblogs[.]com
Mari kita mulai cara mengaplikasikannya.

1. Menggunakan twitterfeed[.]com

Crossposting blog twitterfeedCrossposting blog menggunakan twitterfeed
  • Jika belum memiliki akun di sana, silakan sign up untuk membikin akun baru
  • Ceklik navigasi ‘New Feed’ yang ada di bagian atas
  • Isi nama Feed sesuai keinginan, dan isi pulaURL Feed situs yang Anda miliki pada kolom di bawahnya. Bagi Anda yang belum paham, untuk mengetahui alamat URL Feed salah satunya bisa dilihat dengan cara memilih web browser mozilla Firefox, lalu buka situs yang Anda inginkan, ceklik kanan di situs setrsebut, kemudian pilih ‘View Page Info
  • Centang kolom kecil (active)
  • Untuk pengaturan (waktu dan lain-lain), silakan ceklik ‘Advanced Settings
  • Lanjut pada langkah berikutnya (Continue to Step 2)
  • Pada langkah-langkah lanjut inilah dibutuhkan konfirmasi Anda mengenai perijinan (allowed) akun sosial medianya. Baik itu twitter, facebook, ataupun linked in.
  • Untuk sosial media berupa facebook, bukan saja hanya sebatas ID pribadi saja, namun dapat pula diatur dengan fanspage sesuai yang kita kehendaki.
  • Apabila langkah-langkah di atas telah Anda jalani, maka Anda telah menautkan RSS Feed situs, sehingga akan terjadi crossposting situs/blog otomatis menuju twitter, facebook, ataupun linkedin.
Crossposting blog twitterfeedCrossposting situs weblog (website) menggunakan twitterfeed

2. Menggunakan networkedblogs[.]com

Selain menggunakan twitterfeed, crossposting blog otomatis ke twitter dan facebook bisa pula dilakukan dengan memanfaatkan pihak ketiga bernama “networkedblogs.
Sepertinya telah banyak teman yang aktif mengelola situs weblog ataupun website akrab dengan layanan pihak ketiga bernama “networkedblogs” ini, namun mari kita ulas kembali demi lebih memanfaatkan fiture yang ada di dalamnya.
Crossposting artikel FaceBook Twitter 1Crossposting artikel menuju FaceBook dan Twitter
  • Buka akun Facebook yang Anda miliki pada salah satu tab/window komputer Anda.
  • Buka juga tab/windows lain, lalu silakan menuju URL “networkedblogs” yang beralamat diwww.networkedblogs.com
  • Daftarkan (register) blog yang Anda miliki pada situs “networkedblogs” dan lengkapi esay yang kudu diisi di dalamnya.
  • Setelah selesai mengisi, maka Anda akan diminta menyalin (copy) script HTML dan lalu diminta untuk menempelkannya (paste) pada situs yang Anda miliki <== Ini langkah pilihan yang tak wajib
  • Setelah itu, silakan verifikasi akun yang Anda miliki. Nah pada langkah ini, Anda bisa melihat satu perintah agar kita sindikasi (syndication) ataupun menautkan RSS Feed situs menuju akun Facebook dan Twitter yang kita miliki.
Crossposting artikel FaceBook TwitterCrossposting artikel ke FaceBook dan Twitter
Begitulah dua fasilitas yang bisa kita gunakan untuk crossposting judul, deskripsi, dan juga URL blog secara otomatis menuju ke twitter dan facebook. Semoga sedikit membantu. [uth]

sumber :: http://ikanmasteri.com/journal/posting-blog-otomatis-ke-twitter-dan-facebook.html

0 Response to "Posting blog otomatis ke twitter dan facebook"

Post a Comment